Dinas Perindag Pastikan Stok Pangan Mencukupi
- 22 April 2022 22:18:00 WIB
TEMU USAHA PENGEMBANGAN PASAR BAGI PELAKU UAHA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI HOTEL ROCKY PLAZA JL. PERMINDO NO. 40 PADANG
Saat ini persaingan bisnis dorasakan semakin berat akibat banyaknya kehadiran pemaini-pemain binis global yang sangat terasa dampaknya pada usaha kecil di Indonesia. Usaha Kecil disektor Industri dan perdagangan mialnya semaki terpuruk dengan hadir nya para raksasa ritel.
Mengamati kondisi, pelaku bisnis dalam hal ini Industri Kecil dan menengah Sumatera Barat akan menghadapi tantangn pasar yang semakin ketat dimasa mendatang apalagi dengan hadirnya ASEAN ECONOMI COMMUNITY akhir tahun 2015.
Menghadapi tantangan tersebut, Pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan mendorong upaya pemasaran produk IKM makanan Sumatera Barat dalm bernisnis dan menjaring pekuang pasar yang lebih luas melalui kegiatan Temu Usaha Pengembangan Pasar bagi pelaku usaha Industri Kecil.
Kagiatan Temu usaha ini di ikuti oleh 25 orang pelaku usaha IKM Makanan yang bersal dari 13 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat pada tanggal 18 s.d 19 Agustus 2015 bertemat di Hotel Rocky Plaza dengan Nara 3 Orang yang tersdiri dari 1orang Nara Sumber Pusat yaitu Bapak Roy Nicolas Mandey Ketua prindo ( Asosiasi Pengsaha Retail Indonesia ) dengan materi :
Pemasaran Produk melalui Retail a.l :
Persyaratan akses ke RETAIL (Pasar Modern)
FOOD :
Health & Safety Food (DJPT atau MD)
Permohonan/Pendaftaran ke UKM Buyer
Contoh/Sample Produk
Seleksi (Pengetesan)
Wawancara Term of Trading
Pengiriman Barang
Display
Penjualan
NON FOOD :
Permohonan/Pendaftaran ke UKM Buyer
Contoh/Sample Produk
Seleksi (Pemilihan/Penyortiran)
Wawancara Term of Trading
Pengiriman Barang
Display
Penjualan
Kesimpulannya :
1. Posisi strategis Retail / Pasar Modern :
- Penggerak roda Perekonomian Nasional & kontributor Pajak (PPN,PPH Badan)
- Penyerap tenaga kerja ke 2 terbesar setelah industri Pertanian
- Bertumbuh secara natural mengikuti :
* pertumbuhan ekonomi nasional,
* perubahan globalisasi & modernisasi,
* peningkatan populasi & income per kapita,
* perubahan kebutuhan & pola hidup konsumen
2. UMKM sebagai mitra strategis :
* kontributor/pemasok untuk tumbuh bersama riteler
* prinsip saling Memerlukan, Memperkuat & Menguntungkan
3. Kemitraan : 8 (delapan) aspek pola kemitraan yang terintegrasi, dilakukan dan akan terus di-intensifikasikan secara konsisten berkesinambungan
Dan 2 orang lainya merupakan Nara Sumber daerah yaitu Pimpinan Outlet Makanan Cristine Hakim dari Kota Padang dan Pimpinan Outlet Ummi Aufa Hakim dari Bukittinggi .
Pimpinan Outlet Chrintine Hakim menyampaikan Motivasi sekaligus memberikan persyaratan untuk masuk di Outlet Chistin Hakim a.l menyampaikan :
Keunggulan produk disegi rasa, Aman dan Higiene, Kemasan dan diversifikasi Produk
Dalam motivasi beliau menyampaikan juga dalam berusaha mempunyai kemauan dan ketekunan, Kerja keras ( rajin) Tetap berinovasi dan berimajinasi dan tak kalah pentingnya berhemat, dan mensyukri apa yang telah didapat.
Pimpinan Out Let Ummi Aufa Hakim menyampaikan Meteri al. :
Memiliki Tujuan yang Jelas / Cita-cita / Impian yang Tinggi
Selalu belajar cara-cara untuk meraih impian.
Miliki Mental Pemenang
Cari dan Temukan Alasan yang Kuat
Perbanyak Jaringan (Relasi) dan Pelihara Integritas (Izzah Diri)
Terbuka dalam menerima saran & kritik
Kreatif dan inovatif
Berdo’a dan senantiasa bersyukur