Dinas Perindag Pastikan Stok Pangan Mencukupi
- 22 April 2022 22:18:00 WIB
Sosialisasi Penyusunan Proses Bisnis
Hotel Mercure 9 Maret 2022
Mengubah Sistem Pemerintah Menjadi Digital
MELALUI PROSES BISNIS
Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Manusia mengenal kegiatan ekonomi berupa distribusi, perdagangan dan produksi. Ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang berbasis kan pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital.
Disebut digital karena semua aktivitas tercatat secara elektronik, berapa, kapan, apa, dimana, bagaimana dan kondisi cuaca semua tercatat dalam transaksi elektronik. Jadi digital adalah dunia data, semua data dan informasi tercatat secara elektronik. Aplikasi merupakan alat untuk melaksanakan transaksi secara elektronik didukung dengan fasilitas internet.
Filosofi dasar pendirian gojek oleh Nadiem adalah untuk mengetahui kebiasaan orang Indonesia. Setelah mendirikan gojek diketahui bahwa orang Indonesia senang makan ayam geprek. Dan dari pukul 15 sampai 17.00 wib orang Indonesia senang minum kopi. Maka banyak lahir pdendenganenyedia makanan ayam geprek dan minuman kopi seperti kopi kenangan dan lain lain.
Dengan kondisi ini maka kita harus bersikap berubah atau punah. D. Bagaimana berubah dari analog menjadi digital. Ekonomi digital :
1. Tersedianya layanan jual beli
2. Tersedianya Koneksi internet
3. Aplikasi yang menjembatani suplai dan demand
4. Pengguna yang punya budaya digital
5. Analisis data terhadap transaksi
Pemerintahan Digital
Segala kegiatan pelayanan yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Kondisi pelayanan publik yang masih harus menghadirkan masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan di kantor pemerintahan menunjukkan masih pelayanan dengan sistem analog.
Pemerintahan Digital Sama seperti ekonomi digital.
Kondisi Indonesia saat ini. Masih dalam tahap transformasi menuju digital pemerintah.
Mengapa dibutuhkan SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik)?
1. pemerintahan tidak akuntabel dan transparan
2. ketersediaan data tidak valid, tidak cepat dan akurat
3. Layanan yang birokratif dan bertele tele
Aspek administrasi tata kelola
1. Pergub SPBE
2. Tim koordinasi SPBE
3. Peta rencana SPBE
4. Arsitektur SPBE
5. Manajemen SPBE
Aspek implementatif aplikatif
1. Layanan publik
2. Layanan pada dunia usaha
3. Layanan administrasi pemerintahan
Tematik Layanan Digital Pemerintah
1. Visi dan misi
2. Tujuan dan sasaran SPBE
3. Manajemen SPBE
4. Tata kelola SPBE
OPD yang mengajukan aplikasi layanan berbasis elektronik harus melampirkan arsitektur SPBE, data dan informasi SPBE, serta proses bisnis SPBE.
SPBE yang berkualitas mendukung SDI yang berkualitas. Data yang berkualitas mendukung layanan publik yang berkualitas. SDI adalah Satu Data Indonesia. Output SPBE adalah layanan publik dan layanan administrasi pemerintahan. Sedangkan SDI adalah data yang strategis dan diperlukan untuk intervensi publik.
Arsitektur SPBE terdiri atas proses bisnis, data dan informasi, layanan yang diberikan, infrastruktur jaringan, aplikasi dan keamanan internet. Panduan integrasi proses bisnis, data dan layanan publik disusun untuk jangka waktu 5 tahun.
Proses bisnis berdasarkan permenpan RB no 11 tahun 2015. Penataan proses bisnis
1. Birokrasi yang bersih dan akuntabil
2. Birokrasi yang efektif dan efisien
3. Birokrasi yang memiliki layanan publik berkualitas.
Dinas Perindag termasuk pada layanan publik sektor ekonomi dan industri. Layanan publik adalah pelayanan langsung kepada masyarakat.
Efektivitas organisasi perangkat daerah bergantung pada komponen proses bisnis.. Visi misi dan tujuan, proses bisnis, disain organisasi, struktur organisasi, analis jabatan, uraian jabatan, spesifikasi jabatan. Sebuah OPD harus memiliki proses bisnis ini agar selaras dan konsisten.
PENYUSUNAN PROSES BISNIS
1. Tahap Pengembangan
2. Tahap Penerapan
Tahap pengembangan : input, probis, output. Proses dengan BPMN bussiness process model and notation. Merupakan standar internasional dari open management . Proses bisnis opd. Cara membuat proses bisnis
1. Menentukan kondisi awal dan kondisi akhir
2.: Menetapkan langkah-langkah dan tahapan supaya kondisi akhir dapat dicapai.
3. Mengidentifikasi kebutuhan dan syarat-syarat
4. Langkah pertama dimulai dari kondisi input pertama